Hanya Kristus Dasar yang Teguh

Betapa penting dalam dunia teknik sipil, daya dukung tanah dalam membangun. Menentukan dan membangun fondasi sangat penting. Untuk itu, anak-anak datang sekolah minggu sangat penting, sehingga mempunyai dasar yang kuat, fondasi sejak awal sangat penting dalam dunia rohani.

Pnt Yohanes Wiyarno dalam khotbahnya yang bertema “Hanya Kristus Dasar yang Teguh” di Gereja Misi Injili Indonesia (GMII) Jemaat Nehemia Rejosari Pekanbaru, Minggu (30 Oktober 2022). Bacaan Firman Tuhan yang terambil dari 1 Korintus 3:10-15; Sesuai dengan kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku, aku sebagai seorang ahli bangunan yang cakap telah meletakkan dasar, dan orang lain membangun terus di atasnya. Tetapi tiap-tiap orang harus memperhatikan, bagaimana ia harus membangun di atasnya.

Karena tidak ada seorang pun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus. Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami, sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu.

Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah. Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api.

Membangun iman dasarnya harus kuat. Secara bangunan dunia, perlu fondasi yang kuat. Matius 7:25-26; Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu. Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang bodoh, yang mendirikan rumahnya di atas pasir.

Sebaiknya kita mempunyai dasar iman yang kuat, yaitu Kristus. Anak-anak sekolah minggu perlu dibentuk dasar iman yang kuat, mempunyai jati diri dan tidak mudah dirayu oleh dunia ini.

Pnt Yohanes Wiyarno mengajak jemaat akan pentingnya memiliki dasar mengasih Kristus. Tuhan selalu mengasihi kita. Selama hidup di dunia, kita persiapkan diri kita, apakah di surga atau di neraka kelak. Segala tawaran dunia itu harus bayar, namun kasih Tuhan itu gratis.

Rasul Paulus sudah meletakkan dasar Kristus yang kuat dalam membangun kerohanian.

Untuk itu, orang Kristen meletakkan dasar fondasi kerohanian dengan ukuran meneladani Kristus. Dirancangkan harus percaya Kristus. Dialah teladan, Dialah Tuhan dan penebus kita. Tuhan Yesus mampu mengabulkan segala doa kita.

Kerja dengan dasar iman yang kuat karena akhir dari suatu pekerjaan akan diuji. Lakukanlah pekerjaan itu sebaik mungkin, supaya hasilnya baik dan mendapat tempat di surga. Tetaplah percaya kepada Kristus, jangan beralih iman dari Kristus.

Kita adalah alat Tuhan, bekerjalah dengan benar sehingga lolos dalam ujian keimanan kita. Bekerjalah dengan baik supaya jangan ada penyesalan. Jangan ada motivasi yang lain.

Jadilah kuli-kuli Tuhan Yesus yang membangun iman kita dengan rancangan yang benar. Selamat hari Minggu dan Tuhan memberkati.*

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *