LSM LIRA Audensi dengan PJ Bupati Kampar

Bangkinang (selasihmedia) – Dewan Pimpinan Daerah LSM-LIRA “Lumbung Informasi Rakyat” lakukan Audensi dengan Pj Bupati Kampar Dr.H.Kamsol, MM di rumah kediaman Bupati Kampar, Rabu (05/10/2022).

Dipimpin Bupati LSM LIRA Kabupaten Kampar, Irwanto menjelaskan bahwa keberadaan LSM-LIRA di Kampar untuk saling sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kampar. LIRA Kampar dukung program bupati yang notabene kami lihat semenjak Bapak Kamsol menjadi PJ Bupati Kampar sangat luar biasa, beliau langsung turun ke tengah masyarakat serta berbaur langsung.

Kadang Pj Bupati mengendarai mobilnya sendiri untuk bertemu masyarakatnya di desa pelosok sebagai Sopir langsung dan yang luar biasa sewaktu Bangkinang diguyur hujan lebat, Pak Bupati langsung tengah malam ikut bersama mobil kebakaran pegang slang menyedot genangan air.

“LSM LIRA sebagai Lumbung Informasi Rakyat memang butuh pemimpin yang langsung turun di tengah masyarakat untuk membangun Kampar. sebagai kontrol sosial tentunya akan menjadi mitra pemerintah dalam menilai sebuah kebijakan yang pro kepada rakyat. Hari ini kita lihat Bupati Kampar Dr.Kamsol, MM telah membawa perubahan itu yang lebih baik untuk membangun Kabupaten Kampar.

Kami LSM-LIRA Kabupaten Kampar siap menyampaikan atau menyosialisasikan tentang program Bupati Kampar ke tengah-tengah masyarakat, sehingga masyarakat Kampar bisa mengetahui tentang kinerja pemimpin mereka.

Gubernur LSM-LIRA Provinsi Riau, Boma Harmen juga menjelaskan bahwa LSM-LIRA lahir tahun 2005 dari Blora Center sewaktu pemenangan SBY-Boediono dan SBY-JK dengan Presiden LSM-LIRA Drs.HM.Jusuf Rizal, SH, SE, M.SI yang juga Ketua Umum Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia (PWMOI).

Berkat Jusuf Rizal, Alhamdulillah LSM-LIRA mendapat penghargaan dari Rekor Muri, karena LSM satu satunya di Indonesia yang punya MURI, karena ada di 34 Provinsi dan 576 Kabupaten/Kota Di Indonesia. LSM-LIRA merupakan LSM Penggiat Anti Korupsi, Lembaga Survey, sosial, budaya dan bela negara.

“Mari kita sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kampar saling bahu membahu dan kami yakin ketika kebersamaan dilakukan, Insya Allah Kabupaten Kampar yang kita cintai ini menjadi Kampar yang lebih baik,” cakap Boma yang juga Ketua Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia (PWMOI) Riau.

Sementara Pj.Bupati Kampar Dr.H.Kamsol, MM Menyampaikan apresiasinya terhadap adanya LSM LIRA di Kabupaten Kampar yang merupakan civil society control.

“Governance merupakan tatanan pengelolaan pemerintah yang harus dikelola dengan baik, karena dengan adanya tatanan pengelolaan yang baik, maka kita bisa memberikan perencanaan yang terbaik dan dapat mensejahterakan rakyat dengan tetap patuh terhadap peraturan dan perundang-undangan,” ungkapnya.

Tambahnya niat saat ini hanya untuk membuat Kabupaten Kampar jauh lebih baik dari kemarin, masyarakat bisa menikmati pembangunan baik dari segi kesehatan, pendidikan hingga pelayanan. Namun semua itu tentu dibutuhkan kerjasama dari berbagai elemen salah satunya LSM LIRA dapat mengisi ruang itu sebagai kontrol sosial.

“Saya mengajak kawan-kawan dari LSM LIRA untuk membangun Kabupaten Kampar lebih baik, ada ruang kerja sama sesuai tugas dan fungsi LSM yang harus LIRA isi. Ayo kawal pembangunan Kampar untuk masyarakat, katakan baik jika itu baik dan katakan salah jika itu memang salah,” jelasnya.

Kamsol juga mengajak LIRA untuk menyampaikan program yang telah dibuat kepada masyarakat, hari ini banyak program yang telah dirancang dan akan segera dilaksanakan misalnya bersama OPD terkait terutama terkait pengentasan banjir di Kota Bangkinang, dalam percepatan penyerapan APBD capaian Monitoring Centre for Prevention (MCP) tahun 2022 lebih kurang capai angka 88 lebih, selanjutnya dalam ketahanan pangan saat ini juga dilakukan penanaman lebih kurang 500 hektar padi dengan Tekhnologi intensifikasi padi Aerod Terkendali Berbasis Organik (IPAD-BO) dengan hasil panen mencapai 8 ton/hektar, dalam mengajukan desa tertinggal membentuk sebanyak 50 desa kreatif, penanganan vaksinasi serta penanganan stunting dan pemerintah kabupaten Kampar akan bawa produk lokal mendunia dengan UMKM Halal Hub dan ini merupakan sebuah strategi yang dilaksanakan agar pemerintah Kabupaten Kampar dalam bekerjasama dengan program Global Halal Hub agar pasar UMKM bisa menguasai pasar Global.

Kedepannya untuk acara G20 bulan November 2022 yang akan dilaksanakan di Bali atau Konferensi Tingkat Tinggi forum utama kerjasama ekonomi internasional yang beranggotakan negara negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga uni Eropa, Insya Allah Produk UMKM Kampar jenis MADU akan ikut kita pasarkan, promosi Kamsol.*

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *