Wagubri Pimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional

PEKANBARU (selasihmedia) – Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution menjadi pembina upacara saat peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 Tingkat Provinsi Riau, di Halaman Kantor Gubernur Riau, Jumat (13/5/2022).

Pada kesempatan tersebut, Wagubri menyampaikan amanat dari Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022.

Dalam pidatonya, ia menyebutkan bahwa selama dua tahun terakhir bahwa banyak tantangan yang dihadapi, namun tanpa pernah membayangkan hingga dapat teratasi, hal ini sebagai bukti masyarakat tangguh dari tantangan.

“Ini bukti bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba, kita tidak hanya mampu melewati tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan,” kata Wagubri saat membacakan amanat.

Ia melanjutkan, tahun ini merupakan tahun ketiga menggunakan kurikulum merdeka yang tersebar di seluruh Indonesia. Di mana kurikulum merdeka belajar ini berawal dari upaya para guru dan murid di masa Pandemi COVID 19.

“Kini kurikulum merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia, itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” lanjutnya.

Selain itu, ujar Edy Nasution, bahwa murid tidak perlu khawatir dengan tes kelulusan karena assessment nasional yang sekarang digunakan tidak bertujuan untuk menghukum guru dan murid tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar, serta kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif.

“Semangat yang sama juga sudah kita dengar dari para seniman dan pelaku budaya yang sekarang mulai bangkit lagi, mulai berkarya lagi dengan lebih merdeka, itu semua berkat kegigihan kita untuk melahirkan terobosan dana abadi kebudayaan dan kanal budaya pertama di Indonesia,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini tidak ada lagi batasan ruang dan dukungan untuk berekspresi untuk terus menggerakkan pemajuan kebudayaan semua perubahan positif. Bersamaan hal tersebut juga bahwa kurikulum merdeka belajar ini juga telah disampaikan ke negara lain melalui presidensi Indonesia di konferensi tingkat tinggi G20.

Namun, menurutnya, tantangan kedepan tentunya akan jauh lebih tinggi, sehingga harus tetap bersama, serta memegang komando memimpin pemulihan bersama bergerak untuk merdeka belajar.

“Untuk itu, Selamat Hari Pendidikan Nasional tahun 2022,” tutupnya seperti dilansir dari selasihtv.com dari mdcr.go.id.

Untuk informasi, bahwa selain upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 tingkat Provinsi Riau juga sekaligus launching dan deklarasi integritas Pendidikan Anti Narkoba.

Turut hadir dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 tingkat Provinsi Riau, yaitu Forkompinda Provinsi Riau, peraih penghargaan di Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 dan sekaligus perwakilan sekolah yang ada di Pekanbaru.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution didampingi Forkompinda Provinsi Riau menyerahkan secara langsung penghargaan sekaligus sago hati (pemberian hadiah) kepada 11 peraih penghargaan di Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 tingkat Provinsi Riau.

Penghargaan ini diberikan, tentunya sebagai ungkapan apresiasi atas capaian prestasi bagi para siswa sekaligus ungkapan terima kasih atas pengabdian para tokoh pendidikan dan juga guru dalam mengajar terutama di daerah terpencil yang ada di Bumi Lancang Kuning ini.

Adapun 11 orang yang meraih penghargaan yaitu, untuk kategori Tokoh Pendidikan sekaligus pencipta tari persembahan yaitu Datuk OK Nizami Jamil.

Selanjutnya kategori guru daerah terpencil terdiri enam orang yaitu, Warnibeta ( Kepala Sekolah 004, Rantau Langsat Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu), Dedi Yunasari (Guru SDN 007 Panglima Raja Kecamatan Concong Kabupaten Indragiri Hilir), Suardi (Guru SDN 010 Darussalam Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir).

Lebih lanjut, ada Saripudin (Guru SDN 10 Tanjung Medang Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti), Hasparoni (Guru SMPN Kuala Kampar Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan), dan Atika Defita Sari (Guru SMPN Satu Atap 026 Padang Mutung, Kabupaten Kampar).

Berikutnya, empat orang siswa berprestasi yang mendapat penghargaan di Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 Tingkat Provinsi Riau, diantaranya, Kenzo Alvaro Lim peraih medali gold lomba American Mathematics Coppetition tahun 2022 (Siswa SD Witama Nasional Plus), Franklin Filbert Irwan peraih medali silver lomba Internasional Kangaroo Mathematics Tahun 2022 (Siswa SMP Witama Nasional Plus), Aisyah Nur Ramadhani Peraih Juara 1 MTQ Internasional Tuan Annour Qatar Tahun 2022 (Siswi MtsN Andalan Pekanbaru) dan John Howard Wijaya peraih medali emas Lomba Internasional Zautykov Olimpiadin Physics ke 18 di Kazakhstan tahun 2022.***

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *